//
you're reading...
News

TKI yang Dikirim ke Arab Ternyata Kualitas Tiga

Kedutaan Besar Indonesia untuk Arab Saudi meminta Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan  Tenaga Kerja Indonesia mengirimkan TKI ke Arab Saudi yang telah mengikuti pelatihan 600 jam,  seperti halnya TKI yang dikirimkan ke Hongkong. “Yang dikirim ke Arab Saudi KW3, bukan KW1,” ujar Duta Besar Indonesia Berkuasa Penuh untuk Arab Saudi, Gatot Abdullah Mansur, saat rapat dengar pendapat di Komisi I DPR, Kamis, 23 Juni 2011.

Menurut Gatot, hal yang paling awal dalam perlindungan TKI adalah keterampilannya. Untuk TKI yang dikirim ke Arab Saudi, BNP2TKI baru menerapkan pelatihan 200 jam. Padahal melihat kompleksitas tenaga kerja di Arab Saudi harusnya 600 jam atau malahan 800 jam. “TKI yang dikirim harusnya kredibel, terlatih dan hebat,”

Gatot menyarankan pemerintah mengambil alih pelatihan TKI di Balai Latihan Kerja. Bukan diserahkan pada PJTKI untuk melakukan pelatihan.”Biar sertifikasinya merata. Pemerintah tinggal menyiapkan instrukturnya. Nanti PJTKI yang membayar,” ujarnya.” BLK harus dikendalikan oleh pemerintah bukan PJTKI. TKI yang dikirim harus bisa bahasa arab, bisa silat, bisa karate, dan bisa buat nasi kebuli, “

Selama ini Kementerian Luar Negeri untuk mengetahui TKI yang bermasalah dengan mendatangi penjara penjara. Karena PJTKI tidak melaporkan TKI-nya yang tengah bermasalah. Konsulat Jendral pernah memecat 3 orang staff Konjen yang kedapatan bermain soal TKI.”Anggaran yang kami miliki tahun 2011 ini untuk perlindungan Rp 108 miliar, untuk 119 perwakilan,” ujarnya.

About mistervector

Art + Words x Alternative : Imaginations = (Premature + Amateur)

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: